WELCOME TO MY BLOG :)

Rabu, 26 Juni 2013

RPP LAJU REAKSI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah              : SMAN  X Palangka Raya
Mata pelajaran             : Kimia
Materi ajar                   : Laju Reaksi
Kelas / semester          : XI / I
Pertemuan                   : Pertemuan Kedua
Alokasi waktu             : 2 x 45 menit
 


I.                   Standar kompentensi :
Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam  kehidupan sehari-hari dan industri.

II.                Kompetensi dasar  :
Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

III.             Indikator :
1.      Kognitif
1.      Produk :
·         Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui percobaan.
·         Menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui percobaan.
2.      Proses :
·           Melakukan percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
·           Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.



2.      Psikomotor :
·           Membuat larutan dengan konsentrasi berbeda.
·           Menentukan suhu larutan.
·           Menentukan luas permukaan

3.      Afektif :
a.       Karakter
·         Jujur
·         Tekun
·         Tanggung jawab
·         Cermat
·         Teliti
b.      Keterampilan sosial
·      Bertanya.
·      Menjawab pertanyaan.
·      Mengajukan ide atau berpendapat.
·      Bekerjasama dalam kelompok.

IV.             Tujuan Pembelajaran  :
1.      Kognitif
a.     Produk :
·         Siswa dapat menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui percobaan.
·         Siswa dapat menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui percobaan.

b.    Proses :
·         Siswa dapat melakukan percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
·         Siswa dapat menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.



2.      Psikomotor
·      Siswa dapat membuat larutan dengan konsentrasi berbeda
·      Siswa dapat menentukan suhu suatu larutan.
·      Siswa dapat  menentukan luas permukaan.

3.      Afektif
a.     Karakter
·         Jujur dalam melakukan percobaan.
·         Tekun dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
·         Tanggung jawab saat menggunakan alat-alat percobaan.
·         Cermat dalam melakukan percobaan.
·         Teliti dalam melakukan pengamatan percobaan.
b.    Keterampilan sosial
·         Bertanya.
·         Menjawab pertanyaan.
·         Mengajukan ide atau berpendapat.
·         Bekerjasama dalam kelompok.

V.                MATERI AJAR
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi
ü  Konsentrasi
Pada umumnya, reaksi akan berlangsung lebih cepat jika konsentrasi pereaksi diperbesar. Zat yang konsentrasinya besar mengandung jumlah partikel yang lebih banyak, sehingga partikel-partikelnya tersusun lebih rapat dibanding zat yang konsentrasinya rendah. Partikel yang susunannya lebih rapat, akan lebih sering bertumbukan dibanding dengan partikel yang susunannya renggang, sehingga kemungkinan terjadinya reaksi makin besar.
ü  Luas Permukaan
Salah satu syarat agar reaksi dapat berlangsung adalah zat-zat pereaksi harus bercampur atau bersentuhan. Pada campuran pereaksi yang heterogen, reaksi hanya terjadi pada bidang batas campuran. Bidang batas campuran inilah yang dimaksud dengan bidang sentuh. Dengan memperbesar luas bidang sentuh, reaksi akan berlangsung lebih cepat.
ü  Temperatur
Setiap partikel selalu bergerak. Dengan menaikkan temperatur, energi gerak atau energi kinetik partikel bertambah, sehingga tumbukan lebih sering terjadi. Dengan frekuensi tumbukan yang semakin besar, maka kemungkinan terjadinya tumbukan efektif yang mampu menghasilkan reaksi juga semakin besar. Suhu atau temperatur ternyata juga memperbesar energi potensial suatu zat. Zat-zat yang energi potensialnya kecil, jika bertumbukan akan sukar menghasilkan tumbukan efektif. Hal ini terjadi karena zat-zat tersebut tidak mampu melampaui energi aktivasi. Dengan menaikkan suhu, maka hal ini akan memperbesar energi potensial, sehingga ketika bertumbukan akan menghasilkan reaksi.
ü  Katalis
Katalis adalah suatu zat yang berfungsi mempercepat terjadinya reaksi, tetapi pada akhir reaksi dapat diperoleh kembali. Fungsi katalis adalah menurunkan energi aktivasi, sehingga jika ke dalam suatu reaksi ditambahkan katalis, maka reaksi akan lebih mudah terjadi. Hal ini disebabkan karena zat-zat yang bereaksi akan lebih mudah melampaui energi aktivasi.

VI.             Alat dan Bahan
A.    Alat :
1.      6 buah gelas aqua kosong
2.      Stopwatch
3.      Pengaduk
B.     Bahan :
1.      Air secukupnya
2.      Air dingin
3.      Garam halus
4.      Garam kasar
5.      Cuka

VII.          Strategi pembelajaran
Pendekatan      : Konstruktivisme
Model              : Cooperative tipe STAD
Metode             : Percobaan,diskusi kelompok, tanya jawab.

VIII.       Langkah pembelajaran :
Sintaks pembelajaran
Kegiatan Guru
Pengalaman Belajar Siswa
Waktu
Pendahuluan
15 menit
1.    Guru menyampaikan salam pembuka dan menanyakan kabar.
“selamat pagi, bagaimana kabar kalian hari ini?”
2.    Guru meminta ketua kelas memimpin do’a
“sebelum kita memulai pembelajaran kita hari ini, bapak minta ketua kelas memimpin do’a”.

3.    Guru menyampaikan absensi
“apakah semuanya hadir semua hari ini?”

4.    Guru menyampaikan apersepsi
“minggu lalu kita sudah belajar tentang pengertian laju reaksi, ada yang masih ingat apa yang dimaksud laju reaksi ?”
5.    Guru menyampaikan topik yang akan dipelajari
“hari ini kita akan mempelajari tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi”


6.    Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran
“bapak harap setelah kegiatan belajar kita hari ini,kalian dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi”
7.    Guru mengajukan pertanyaan motivasi
“apakah kalian pernah membuat larutan gula ?
Lebih larut mana gula di air dingin atau di air panas ? untuk jelasnya lagi kita akan mengadakan percobaan sederhana hari ini”.

1.    Siswa  menjawab salam. “selamat pagi pak, baik pak”.



2.    Ketua kelas memimpin do’a
“baiklah teman-teman, marilah kita berdo’a menurut kepercayaan dan agama masing-masing. Berdo’a dimulai”
3.    Siswa memberitahu guru siswa yang tidak hadir jika ada.


4.    Siswa menjawab pertanyaan guru
“laju reaksi menyatakan banyaknya reaksi kimia yang berlangsung per satuan waktu”.


5.    Siswa memperhatikan guru.





6.    Siswa memperhatikan guru.









7.    Siswa menjawab pertanyaan Guru.
1 menit



3 menit



1 menit


3 menit



1 menit





1 menit






5 menit
Kegiatan Inti
65 menit
Eksplorasi
1.    Guru mengadakan pretest.
“sebelum kita memulai percobaan, kita akan mengadakan pre test terlebih dahulu. Siapkan selembar kertas, tulis nama dan tanggal.”.
2.    Guru membacakan soal pre test.
3.    Guru meminta siswa mengumpulkan lembar jawaban pre test.
“waktunya sudah habis, ayo kumpulkan”
4.    Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok.
“sebelum kita memulai percobaan kita hari ini, bapak minta buat kelompok terlebih dahulu sebanyak tiga kelompok”.
5.    Guru membagikan LKS percobaan kepada masing-masing kelompok.
6.    Guru membacakan LKS percobaan.
7.    Guru meminta siswa agar bertanya apabila masih ada yang belum dipahami.

“apa semuanya sudah paham dengan petunjuk percobaannya? Apabila ada yang belum paham silakan bertanya”
8.    Guru memberikan fasilitas berupa alat-alat percobaan yang  dibutuhkan untuk percobaan dan meminta perwakilan masing-masing kelompok untuk maju kedepan.
“bapak minta perwakilan tiap-tiap kelompok 2 orang untuk maju ke depan dan mengambil alat-alat percobaan”.
9.    Guru menjelaskan teknis percobaan
“kita akan mengerjakan tiga percobaan. karena ada 3 kelompok, kelompok 1 akan mengerjakan percobaan 1, kelompok 2 akan mengerjakan percobaan 2 dan kelompok 3 akan mengerjakan percobaan 3.”

10.     Guru mengawasi siswa mengerjakan percobaan.


1.    Siswa menyiapkan selembar kertas.





2.    Siswa mengerjakan soal pre test.
3.    Siswa mengumpulkan lembar jawaban pre test.



4.    Siswa membuat 3 kelompok.






5.    Siswa menerima LKS percobaan.


6.    Siswa menyimak penjelasan guru.
7.    Siswa bertanya apabila ada yang belum paham.









8.    Masing-masing kelompok memberikan perwakilan untuk maju dan mengambil alat – alat percobaan.










9.    Masing-masing kelompok mengerjakan tugasnya masing-masing.












10.      Siswa mengerjakan percobaan

2 menit




9 menit
1 menit


3 menit




2 menit

1 menit
2 menit






2 menit







1 menit








10 menit
Elaborasi
1.    Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil pengamatan percobaan.
“baik, kelompok 1 silakan presentasi terlebih dahulu, setelah itu kelompok 2 dan 3”.
2.    Guru membenarkan hasil pengamatan siswa melalui data yang ditampilkan di power point.
3.    Guru meminta siswa agar bertanya jika ada yang belum dimengerti.
“ada yang mau bertanya?”

4.    Guru meminta siswa kembali ke tempat duduknya masing-masing.

1.    Siswa mempresentasikan hasil pengamatan percobaan.





2.    Siswa memperhatikan guru.



3.    Siswa bertanya apabila ada yang belum dimengerti.



4.    Siswa kembali ke tempat duduknya masing-masing.

10 menit




5 menit


5 menit


1 menit
Konfirmasi
1.    Guru memberikan materi tambahan melalui macromedia flash.
2.    Guru meminta siswa menyimpulkan pembelajaran.



















3.    Guru menjawab pertanyaan motivasi
“jadi mengapa ketika kita melarutkan gula pada air dingin dan air panas, hasilnya akan lebih cepat larut dalam air panas. Itu karena suhu pada air panas lebih tinggi dari air dingin. Semakin tinggi suhu maka akan semakin mempercepat reaksi.”

1.    Siswa memperhatikan penjelasan guru.


2.    Siswa menyampaikan kesimpulan.
·      “faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi adalah konsentrasi, suhu,luas permukaan dan katalis”
·      “semakin besar konsentrasi, maka semakin cepat bereaksi”
·      “kenaikan suhu  akan akan mengakibatkan reaksi yang berlangsung semakin cepat.”

·      “semakin luas permukaan sentuhan maka semakin cepat bereaksi”.
3.      Siswa memperhatikan guru.













menit


3 menit












2 menit



Penutup
10 menit

1.      Guru membacakan soal post test.
“sebelum kita akhiri pembelajaran kita hari ini, kita akan post test terlebih dahulu.”
2.      Guru meminta siswa mengumpulkan lembar jawab
3.      Guru menutup pembelajaran
Bapak akhiri saja pembelajaran kita hari ini, terima kasih atas perhatiannya, sampai jumpa minggu depan. Jangan lupa belajar ya. Selamat pagi ”.


1.    Siswa mengerjakan soal post test.



2.    Siswa mengumpulkan lembar jawaban


3.    Siswa menutup pembelajaran.

7 menit



2 menit

1 menit












IX.             Media dan Sumber Pembelajaran :
Sumber Pembelajaran
·         Buku Kimia SMA kelas X penerbit erlangga, penulis michael purba
Media Pembelajaran
·         LKS
·         Alat dan bahan percobaan.
·         Power Point
X.                Perangkat Pendukung Pembelajaran
ü Soal Pre Test dan Post test ( Kunci jawaban terlampir )
ü LKS Percobaan
ü Lembar Penilaian Kognitif
ü Lembar Penilaian Psikomotor
ü Lembar Penilaian Karakter
ü Lembar Penilaian Keterampilan sosial












Lembar Penilaian 1 : Kognitif
Penilaian dilakukan dengan cara mengamati aktivitas siswa saat melakukan eksperimen
Format asesmen kinerja kognitif

No

Rincian Tugas Kinerja
Skor Maksimum
Skor Asesmen Oleh
Siswa sendiri
 Guru
1.








Produk :
·         Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui percobaan.
·         Menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui percobaan.

15


        15



2.
Proses :
·         Melakukan percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
·         Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

15

15




Skor Total
60




Palangka Raya                        2013
             Siswa                                                                                                   Guru

    (                                )                                                                         (                            )
Lembar Penilaian  2:  PSIKOMOTOR

Penilaian dilakukan dengan cara mengamati aktivitas siswa saat melakukan eksperimen

Format Asesmen Kinerja Psikomotor

No

Rincian Tugas Kinerja
Skor Maksimum
Skor Asesmen oleh
Siswa sendiri
Guru
1
Menyiapkan alat dan bahan
10


2
Membuat larutan
10


3
Mengamati larutan
10



Skor Total
30


               
Palangka Raya,                       2013

        Siswa                                                                               Guru



(                                    )                                                (                                 )











LP 3 : KARAKTER

Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Siswa:                                                     Kelas:                                          Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
5 = sangat baik                                                4 = Memuaskan
2 = menunjukkan kemajuan                            1 = memerlukan perbaikan

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
1
2
4
5
Keterangan
1
Jujur





2
Tekun





3
Tanggungjawab





4
Cermat





5
Teliti






Palangka Raya ,                      2013               
            Pengamat
                                   
                                                                                    (                                               )




LP 4: KETERAMPILAN SOSIAL


Format Pengamatan Keterampilan Sosial

Siswa:                                                     Kelas:                                          Tanggal:

Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian atas keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini:
5 = sangat baik                                                4 = Memuaskan
2 = menunjukkan kemajuan                            1= memerlukan perbaikan

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
1
2
4
5
Keterangan
1
Bertanya





2
Menjawab pertanyaan





3
Menyumbang/ mengajukan ide atau pendapat





4
Bekerjasama





Palangkaraya,                          2013                           
             Pengamat

                                                                         (                                              )


PRE TEST


1.      Sebutkan tiga faktor yang mempengaruhi laju reaksi ?
2.      Apa pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi ?
3.      Apa pengaruh suhu terhadap laju reaksi ?

POST TEST

1.      Sebutkan tiga faktor yang mempengaruhi laju reaksi ?
2.      Apa pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi ?
3.      Apa yang anda ketahui tentang katalis ?
4.      Apa pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi ?
5.      Apa pengaruh suhu terhadap laju reaksi ?

KUNCI JAWABAN














LKS PERCOBAAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI

Nama              : …………………………….
No.Absen       :……………………………..
Kelompok      : …………………………….

A.      Tujuan Percobaan
Untuk mengamati faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

B.       Alat dan Bahan Praktikum
1.      6 gelas aqua kosong
2.      Air secukupnya
3.      Air dingin
4.      Garam halus
5.      Garam kasar
6.      Cuka
7.      Pengaduk
8.      Stopwatch

C.      Prosedur Percobaan
       I.            Percobaan 1 – Pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi
§  Siapkan 2 gelas aqua, gelas pertama berisi cuka pekat dan yang gelas kedua berisi air dan cuka.
§  Kemudian, masukkan 1 sendok garam halus pada masing-masing gelas tersebut, kemudian diaduk.
§  Amati larutan mana yang cepat larut dengan stopwatch.
    II.            Percobaan 2 – Pengaruh suhu terhadap laju reaksi
v  Siapkan 2 gelas aqua yang berisi air dan yang satunya berisi air dingin.
v  Masukkan  1 sendok garam halus pada masing-masing gelas tersebut.
v  Kemudian aduk  dan amati mana yang lebih cepat larut dengan menggunakan stopwatch.
 III.            Percobaan 3 –  Pengaruh Luas permukaan terhadap laju reaksi
ü  Siapkan 2 gelas aqua yang berisi air.
ü  Masukkan 1 sendok garam kasar kedalam  gelas aqua pertama dan 1 sendok garam halus pada aqua gelas kedua.
ü  Kemudian aduk dan amati, mana yang cepat larut dengan menggunakan stopwatch.


D.      Tabel Pengamatan
No
Faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Bahan
Waktu (detik)
1
Konsentrasi
Cuka Pekat + Garam Halus

Cuka Encer + Garam Halus

2
Suhu
Air + Garam Halus

Air dingin + Garam Halus

3
Luas permukaan
Air + Garam Halus

Air + Garam kasar


E.       Pertanyaan
1.      Apakah pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi ?
Jawab :
.................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Apakah pengaruh suhu terhadap laju reaksi ?
Jawab :
.................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Apakah pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi ?
Jawab :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar