RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
SMAN X Palangka Raya
Mata pelajaran : Kimia
Materi ajar :
Laju Reaksi
Kelas / semester : XI / I
Pertemuan : Pertemuan Kedua
Alokasi waktu : 2 x
45 menit
I.
Standar kompentensi :
Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan
faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari dan industri.
II.
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan
percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
III.
Indikator :
1. Kognitif
1. Produk :
·
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi melalui percobaan.
·
Menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi
laju reaksi melalui percobaan.
2.
Proses :
·
Melakukan percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi
laju reaksi.
·
Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi.
2. Psikomotor
:
·
Membuat
larutan dengan konsentrasi berbeda.
·
Menentukan suhu larutan.
·
Menentukan luas permukaan
3. Afektif
:
a.
Karakter
·
Jujur
·
Tekun
·
Tanggung jawab
·
Cermat
·
Teliti
b.
Keterampilan sosial
·
Bertanya.
·
Menjawab pertanyaan.
·
Mengajukan ide atau berpendapat.
·
Bekerjasama dalam kelompok.
IV.
Tujuan Pembelajaran :
1. Kognitif
a.
Produk :
·
Siswa dapat menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi melalui percobaan.
·
Siswa dapat menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi
laju reaksi melalui percobaan.
b.
Proses :
·
Siswa dapat melakukan percobaan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi.
·
Siswa dapat menyimpulkan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi.
2. Psikomotor
·
Siswa
dapat membuat larutan dengan konsentrasi berbeda
·
Siswa dapat menentukan suhu suatu larutan.
·
Siswa dapat
menentukan luas permukaan.
3. Afektif
a.
Karakter
·
Jujur dalam melakukan percobaan.
·
Tekun dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
·
Tanggung jawab saat menggunakan alat-alat percobaan.
·
Cermat dalam melakukan percobaan.
·
Teliti dalam melakukan pengamatan percobaan.
b.
Keterampilan sosial
·
Bertanya.
·
Menjawab pertanyaan.
·
Mengajukan ide atau berpendapat.
·
Bekerjasama dalam kelompok.
V.
MATERI AJAR
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Laju Reaksi
ü Konsentrasi
Pada
umumnya, reaksi akan berlangsung lebih cepat jika konsentrasi pereaksi
diperbesar. Zat yang konsentrasinya besar mengandung jumlah partikel yang
lebih banyak, sehingga partikel-partikelnya tersusun lebih rapat
dibanding zat yang konsentrasinya rendah. Partikel yang susunannya lebih
rapat, akan lebih sering bertumbukan dibanding dengan partikel yang
susunannya renggang, sehingga kemungkinan terjadinya reaksi makin besar.
ü Luas
Permukaan
Salah
satu syarat agar reaksi dapat berlangsung adalah zat-zat pereaksi harus
bercampur atau bersentuhan. Pada campuran pereaksi yang heterogen, reaksi
hanya terjadi pada bidang batas campuran. Bidang batas campuran
inilah yang dimaksud dengan bidang sentuh. Dengan memperbesar luas bidang
sentuh, reaksi akan berlangsung lebih cepat.
ü Temperatur
Setiap
partikel selalu bergerak. Dengan menaikkan temperatur, energi gerak atau
energi kinetik partikel bertambah, sehingga tumbukan lebih sering
terjadi. Dengan frekuensi tumbukan yang semakin besar, maka kemungkinan
terjadinya tumbukan efektif yang mampu menghasilkan reaksi juga semakin
besar. Suhu atau temperatur ternyata juga memperbesar energi potensial
suatu zat. Zat-zat yang energi potensialnya kecil, jika bertumbukan akan
sukar menghasilkan tumbukan efektif. Hal ini terjadi karena zat-zat tersebut
tidak mampu melampaui energi aktivasi. Dengan menaikkan suhu, maka hal ini
akan memperbesar energi potensial, sehingga ketika bertumbukan akan
menghasilkan reaksi.
ü Katalis
Katalis
adalah suatu zat yang berfungsi mempercepat terjadinya reaksi, tetapi pada
akhir reaksi dapat diperoleh kembali. Fungsi katalis adalah menurunkan
energi aktivasi, sehingga jika ke dalam suatu reaksi ditambahkan katalis,
maka reaksi akan lebih mudah terjadi. Hal ini disebabkan karena zat-zat yang
bereaksi akan lebih mudah melampaui energi aktivasi.
VI.
Alat
dan Bahan
A. Alat :
1.
6 buah gelas aqua kosong
2.
Stopwatch
3.
Pengaduk
B.
Bahan :
1.
Air secukupnya
2.
Air dingin
3.
Garam halus
4.
Garam kasar
5.
Cuka
VII.
Strategi
pembelajaran
Pendekatan : Konstruktivisme
Model : Cooperative tipe STAD
Metode : Percobaan,diskusi
kelompok, tanya jawab.
VIII.
Langkah
pembelajaran :
Sintaks pembelajaran
|
Kegiatan Guru
|
Pengalaman Belajar Siswa
|
Waktu
|
Pendahuluan
15
menit
|
1.
Guru menyampaikan
salam pembuka dan menanyakan kabar.
“selamat pagi, bagaimana kabar kalian hari ini?”
2.
Guru meminta ketua
kelas memimpin do’a
“sebelum kita memulai pembelajaran kita hari ini,
bapak minta ketua kelas memimpin do’a”.
3.
Guru menyampaikan
absensi
“apakah semuanya hadir semua hari ini?”
4.
Guru menyampaikan
apersepsi
“minggu lalu kita sudah belajar tentang pengertian
laju reaksi, ada yang masih ingat apa yang dimaksud laju reaksi ?”
5.
Guru menyampaikan
topik yang akan dipelajari
“hari ini kita akan mempelajari tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi”
6.
Guru menumbuhkan
rasa ingin tahu siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran
“bapak harap setelah kegiatan belajar kita hari
ini,kalian dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi”
7.
Guru mengajukan
pertanyaan motivasi
“apakah kalian pernah membuat larutan gula ?
Lebih larut mana gula di air dingin atau di air
panas ? untuk jelasnya lagi kita akan mengadakan percobaan sederhana hari
ini”.
|
1.
Siswa menjawab salam. “selamat pagi pak, baik
pak”.
2.
Ketua kelas
memimpin do’a
“baiklah teman-teman, marilah kita berdo’a menurut
kepercayaan dan agama masing-masing. Berdo’a dimulai”
3.
Siswa memberitahu
guru siswa yang tidak hadir jika ada.
4.
Siswa menjawab
pertanyaan guru
“laju reaksi menyatakan banyaknya reaksi kimia yang
berlangsung per satuan waktu”.
5.
Siswa memperhatikan
guru.
6.
Siswa memperhatikan
guru.
7.
Siswa menjawab
pertanyaan Guru.
|
1
menit
3
menit
1
menit
3
menit
1
menit
1
menit
5
menit
|
Kegiatan Inti
65
menit
|
Eksplorasi
1.
Guru mengadakan
pretest.
“sebelum kita memulai percobaan, kita akan
mengadakan pre test terlebih dahulu. Siapkan selembar kertas, tulis nama dan
tanggal.”.
2.
Guru membacakan
soal pre test.
3.
Guru meminta siswa
mengumpulkan lembar jawaban pre test.
“waktunya sudah habis, ayo kumpulkan”
4.
Guru membagi siswa
menjadi 3 kelompok.
“sebelum kita memulai percobaan kita hari ini, bapak
minta buat kelompok terlebih dahulu sebanyak tiga kelompok”.
5.
Guru membagikan LKS
percobaan kepada masing-masing kelompok.
6.
Guru membacakan LKS
percobaan.
7. Guru meminta
siswa agar bertanya apabila masih ada yang belum dipahami.
“apa semuanya sudah paham dengan
petunjuk percobaannya? Apabila ada yang belum paham silakan bertanya”
8. Guru memberikan
fasilitas berupa alat-alat percobaan yang
dibutuhkan untuk percobaan dan meminta perwakilan masing-masing
kelompok untuk maju kedepan.
“bapak minta perwakilan tiap-tiap
kelompok 2 orang untuk maju ke depan dan mengambil alat-alat percobaan”.
9. Guru menjelaskan
teknis percobaan
“kita akan mengerjakan tiga
percobaan. karena ada 3 kelompok, kelompok 1 akan mengerjakan percobaan 1,
kelompok 2 akan mengerjakan percobaan 2 dan kelompok 3 akan mengerjakan
percobaan 3.”
10. Guru mengawasi siswa mengerjakan percobaan.
|
1.
Siswa menyiapkan
selembar kertas.
2.
Siswa mengerjakan
soal pre test.
3.
Siswa mengumpulkan
lembar jawaban pre test.
4.
Siswa membuat 3
kelompok.
5.
Siswa menerima LKS
percobaan.
6.
Siswa menyimak
penjelasan guru.
7.
Siswa bertanya
apabila ada yang belum paham.
8.
Masing-masing
kelompok memberikan perwakilan untuk maju dan mengambil alat – alat
percobaan.
9.
Masing-masing
kelompok mengerjakan tugasnya masing-masing.
10.
Siswa mengerjakan
percobaan
|
2
menit
9
menit
1
menit
3
menit
2
menit
1
menit
2
menit
2
menit
1
menit
10
menit
|
Elaborasi
1.
Guru meminta
masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil pengamatan percobaan.
“baik, kelompok 1 silakan presentasi terlebih dahulu, setelah itu kelompok 2 dan 3”.
2.
Guru membenarkan
hasil pengamatan siswa melalui data yang ditampilkan di power point.
3.
Guru meminta siswa
agar bertanya jika ada yang belum dimengerti.
“ada yang mau bertanya?”
4.
Guru meminta siswa
kembali ke tempat duduknya masing-masing.
|
1.
Siswa
mempresentasikan hasil pengamatan percobaan.
2.
Siswa memperhatikan
guru.
3.
Siswa bertanya
apabila ada yang belum dimengerti.
4.
Siswa kembali ke
tempat duduknya masing-masing.
|
10
menit
5
menit
5
menit
1
menit
|
|
Konfirmasi
1.
Guru memberikan
materi tambahan melalui macromedia flash.
2.
Guru meminta siswa
menyimpulkan pembelajaran.
3.
Guru menjawab
pertanyaan motivasi
“jadi
mengapa ketika kita melarutkan gula pada air dingin dan air panas, hasilnya
akan lebih cepat larut dalam air panas. Itu karena suhu pada air panas lebih
tinggi dari air dingin. Semakin tinggi suhu maka akan semakin mempercepat
reaksi.”
|
1.
Siswa memperhatikan
penjelasan guru.
2.
Siswa menyampaikan
kesimpulan.
·
“faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi adalah konsentrasi, suhu,luas permukaan dan katalis”
·
“semakin besar
konsentrasi, maka semakin cepat bereaksi”
·
“kenaikan suhu akan akan mengakibatkan reaksi yang
berlangsung semakin cepat.”
·
“semakin luas
permukaan sentuhan maka semakin cepat bereaksi”.
3.
Siswa memperhatikan
guru.
|
5 menit
3
menit
2
menit
|
|
Penutup
10
menit
|
1.
Guru membacakan
soal post test.
“sebelum
kita akhiri pembelajaran kita hari ini, kita akan post test terlebih dahulu.”
2.
Guru meminta siswa
mengumpulkan lembar jawab
3. Guru menutup pembelajaran
“
Bapak akhiri saja pembelajaran kita hari ini, terima kasih atas perhatiannya,
sampai jumpa minggu depan. Jangan lupa belajar ya. Selamat pagi ”.
|
1.
Siswa mengerjakan
soal post test.
2. Siswa mengumpulkan lembar jawaban
3. Siswa menutup pembelajaran.
|
7
menit
2
menit
1
menit
|
IX.
Media
dan Sumber Pembelajaran :
Sumber Pembelajaran
·
Buku Kimia SMA kelas X penerbit erlangga, penulis michael
purba
Media Pembelajaran
·
LKS
·
Alat dan bahan
percobaan.
·
Power Point
X.
Perangkat Pendukung Pembelajaran
ü
Soal Pre Test dan Post test ( Kunci jawaban terlampir )
ü
LKS Percobaan
ü
Lembar Penilaian Kognitif
ü
Lembar Penilaian
Psikomotor
ü
Lembar Penilaian Karakter
ü
Lembar Penilaian
Keterampilan sosial
Lembar
Penilaian 1 : Kognitif
Penilaian dilakukan
dengan cara mengamati aktivitas siswa saat melakukan eksperimen
Format asesmen kinerja kognitif
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor Maksimum
|
Skor Asesmen Oleh
|
|
Siswa sendiri
|
Guru
|
|||
1.
|
Produk :
·
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi melalui percobaan.
·
Menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi
laju reaksi melalui percobaan.
|
15
15
|
||
2.
|
Proses :
·
Melakukan percobaan faktor-faktor
yang mempengaruhi laju reaksi.
·
Menyimpulkan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi.
|
15
15
|
||
Skor
Total
|
60
|
Palangka Raya 2013
Siswa
Guru
(
) ( )
Lembar Penilaian 2:
PSIKOMOTOR
Penilaian dilakukan
dengan cara mengamati aktivitas siswa saat melakukan eksperimen
Format Asesmen Kinerja Psikomotor
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor Maksimum
|
Skor Asesmen oleh
|
|
Siswa sendiri
|
Guru
|
|||
1
|
Menyiapkan alat dan bahan
|
10
|
||
2
|
Membuat larutan
|
10
|
||
3
|
Mengamati
larutan
|
10
|
||
Skor
Total
|
30
|
Palangka Raya, 2013
Siswa Guru
( ) (
)
LP 3 : KARAKTER
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Siswa:
Kelas: Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku
berkarakter berikut ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa
menggunakan skala berikut ini:
5 = sangat baik 4 = Memuaskan
2 = menunjukkan kemajuan 1 = memerlukan perbaikan
No
|
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
|
1
|
2
|
4
|
5
|
Keterangan
|
1
|
Jujur
|
|||||
2
|
Tekun
|
|||||
3
|
Tanggungjawab
|
|||||
4
|
Cermat
|
|||||
5
|
Teliti
|
Palangka Raya , 2013
Pengamat
( )
LP 4: KETERAMPILAN SOSIAL
Format Pengamatan Keterampilan Sosial
Siswa:
Kelas:
Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini,
beri penilaian atas keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut
ini:
5 = sangat baik 4 = Memuaskan
2 = menunjukkan kemajuan 1= memerlukan perbaikan
No
|
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
|
1
|
2
|
4
|
5
|
Keterangan
|
1
|
Bertanya
|
|||||
2
|
Menjawab
pertanyaan
|
|||||
3
|
Menyumbang/ mengajukan ide atau pendapat
|
|||||
4
|
Bekerjasama
|
Palangkaraya, 2013
Pengamat
( )
PRE TEST
1.
Sebutkan
tiga faktor yang mempengaruhi laju reaksi ?
2.
Apa
pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi ?
3.
Apa
pengaruh suhu terhadap laju reaksi ?
POST
TEST
1.
Sebutkan
tiga faktor yang mempengaruhi laju reaksi ?
2.
Apa
pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi ?
3.
Apa
yang anda ketahui tentang katalis ?
4.
Apa
pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi ?
5.
Apa
pengaruh suhu terhadap laju reaksi ?
KUNCI JAWABAN
LKS PERCOBAAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI
Nama : …………………………….
No.Absen :……………………………..
Kelompok : …………………………….
A. Tujuan
Percobaan
Untuk
mengamati faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
B.
Alat
dan Bahan Praktikum
1.
6
gelas
aqua kosong
2.
Air
secukupnya
3.
Air dingin
4.
Garam halus
5.
Garam kasar
6.
Cuka
7.
Pengaduk
8. Stopwatch
C. Prosedur
Percobaan
I.
Percobaan 1 – Pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi
§ Siapkan
2 gelas aqua, gelas
pertama berisi cuka pekat
dan yang gelas kedua berisi air
dan
cuka.
§ Kemudian, masukkan 1 sendok garam halus pada
masing-masing gelas tersebut,
kemudian diaduk.
§ Amati larutan mana yang cepat larut dengan stopwatch.
II.
Percobaan
2 – Pengaruh suhu terhadap laju reaksi
v Siapkan
2 gelas aqua yang berisi air dan yang satunya berisi air dingin.
v Masukkan 1 sendok garam halus pada masing-masing gelas
tersebut.
v Kemudian
aduk dan
amati mana yang lebih cepat larut
dengan
menggunakan stopwatch.
III.
Percobaan 3 – Pengaruh
Luas permukaan terhadap laju reaksi
ü Siapkan
2 gelas aqua yang berisi air.
ü Masukkan
1 sendok garam kasar kedalam gelas aqua pertama dan 1 sendok garam halus pada aqua
gelas kedua.
ü Kemudian
aduk dan amati, mana yang cepat larut dengan menggunakan stopwatch.
D.
Tabel
Pengamatan
No
|
Faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
|
Bahan
|
Waktu (detik)
|
1
|
Konsentrasi
|
Cuka Pekat + Garam Halus
|
|
Cuka Encer + Garam Halus
|
|||
2
|
Suhu
|
Air + Garam Halus
|
|
Air dingin + Garam Halus
|
|||
3
|
Luas permukaan
|
Air + Garam Halus
|
|
Air + Garam kasar
|
E.
Pertanyaan
1.
Apakah pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi ?
Jawab :
.................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Apakah pengaruh suhu terhadap laju reaksi ?
Jawab :
.................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Apakah pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi ?
Jawab :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar