RPP Kimia
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran SMA
Satuan Pendidikan
: SMA Negeri X Palangka
Raya
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : Kelas X/ Semester I
Materi Pembelajaran
: Struktur atom
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (+ 10 menit)
____________________________________________________________________________
I. Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur atom,
sifat-sifat periodik unsur, dan
ikatan kimia.
ikatan kimia.
II. Kompetensi Dasar : 1.1.Memahami struktur atom
berdasarkan teori atom Bohr,
sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik
unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya,
melalui pemahaman konfigurasi elektron.
sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik
unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya,
melalui pemahaman konfigurasi elektron.
III. Indikator
A. Kognitif
1.
Produk:
a.
Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan
kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen
b.
Menentukan
Struktur atom berdasarkan tabel periodik
c.
Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan
isoton.
d.
Menentukan massa atom relatif berdasarkan kelimpahan
isotopnya
e.
Menentukan massa molekul relatif.
f.
Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.
2.
Proses:
a. Merencanakan diskusi
tentang kelemahan dan kelebihan teori-teori atom
b. Mempresentasikan
hasil diskusi secara lisan.
B.
Psikomotor
1.
Menggambar struktur atom dari masing-masing
teori atom.
C.
Afektif
1. Karakter
a. jujur,
b. tekun,
c. tanggung jawab,
d. cermat,
e. teliti.
2. Keterampilan
sosial:
a. bertanya,
b. menjawab pertanyaan,
c. mengajukan ide atau berpendapat
d. bekerjasama dalam kelompok
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Tujuan umum
Dapat memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr,
sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam
tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi
elektron
Tujuan
khusus
1)
Siswa dapat menentukan
partikel dasar proton, elektron atau neutron dalam suatu atom
2)
Siswa dapat menuliskan
konfigurasi elektron
3)
Siswa dapat menentukan
elektron valensi.
4)
Siswa dapat menentukan
massa atom relatif berdasarkan tabel periodik unsur
5)
Siswa dapat menjelaskan
perbedaan isotop, isobar, dan isoton
6)
Siswa dapat menjelaskan
perbedaan teori-teori atom, dari teori atom Dalton hingga teori atom Bohr
V. Materi Ajar
Struktur
atom
VI.
Model dan Metode Pembelajaran:
Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi dan penugasan.
VII. ALAT / BAHAN
Buku Kimia; LKS, multimedia.
VII. Langkah Pembelajaran
A.
Pendahuluan
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4M
|
|
Motivasi :
a.
Dengan mempelajari penemuan partikel dasar, kita
terlatih cara berpikir ilmiah yang berazaskan hubungan sebab-akibat.
b.
Rasa ingin tahu merupakan sumber dari segala
pengetahuan.
c.
Jangan takut berbuat salah (para ahli pun melakukan
kesalahan, tetapi melalui kesalahan yang merekan lakukan justru merupakan
langkah pengembangan ilmu pengetahuan).
|
B.
Kegiatan Inti
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Apersepsi:
a.
Diskusi singkat tentang partikel dasar
b.
Apa yang dimaksud dengan partikel sub atom?
c.
Bagaimana partikel tersebut ditemukan?
d.
Apakah teori atom Dalton masih dapat dipertahankan?
e.
Bagaimana perkembangan teori atom?
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
|
C.
Penutup
Kegiatan Akhir
|
Penilaian oleh
Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
f.
Menyimpulkan partikel penyusun inti atom.
g.
Menyimpulkan pengertian isotop, isobar dan isoton.
|
VIII. Sumber Belajar
Buku Kimia; LKS, multimedia
IX. Penilaian:
1.
Tentukan jumlah proton,
electron, dan netron dari isotop isotop berikut :
11Na23 , 20Ca40,
16S32,
2.
Apakah yang dimaksud dengan
isotop,isobar dan isoton
3.
Jelaskan perkembangan teori
atom, Dalton, Thomson, rutherfodr dsn neils bohr.
4.
Apakah Kelemahan teori atom
neils bohr
5.
Tentukan Massa rumus relatif senyawa berikut
H2SO4, MgCl2,
CO(NH3)3, Fe(OH)3 Jika di ketahui Ar :H = 1, S
= 32, O= 16, Mg = 24, Cl = 35,5, Fe = 56, N = 14
Tidak ada komentar:
Posting Komentar