WELCOME TO MY BLOG :)

Minggu, 02 Desember 2012

Permainan Kimia Berwawasan CET

Permainan Kimia Berwawasan CET 


Permainan kimia merupakan salah satu metode yang akhir-akhir ini mendapat perhatian dari para guru dan ahli pendidikan kimia. Selain daripada itu para ahli kimia dan ahli pendidikan kimia turut bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan ilmu kimia kepada masyarakat luas. Masyarakat luas diberi informasi tentang zat-zat kimia, sifat, kegunaan, dan pengamanannya, sehingga masyarakat dapat memahami dunia kimia kita ini. Hal termudah untuk ini dapat dilakukan melalui demonstrasi dan permainan kimia. 



Akan tetapi dalam penelitian ini metode yang digunakan tidak hanya demonstrasi tetapi juga menggunakan metode praktikum agar siswa dapat melakukannya secara mandiri. Alat dan bahan yang digunakan mudah didapatkan karena tidak 100% menggunakan bahan alat-alat kimia seperti biasanya. Sedangkan Chemoedutainment sendiri merupakan suatu proses belajar mengajar kimia yang dikemas ke dalam media yang inovatif dan menghibur. Keterkaitan antara permainan kimia dengan CET adalah dimana dalam permainan kimia merupakan suatu percobaan yang menarik menggunakan bahan dan alat-alat yang mudah didapat, sehingga dapat dikatakan sebagai media yang menghibur dan inovatif. 



Beberapa hal yang menjadi alasan dilakukan permainan kimia : 
(1) Faktor keamanan 
(2) Terbatasnya zat dan bahan 
(3) Menghemat waktu. 



Permainan kimia haruslah dilakukan dengan :
(1) Baik dan cermat 
(2) Mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan 
(3) Mempersiapkan cara-cara kerja 
(4) Penjelasan pada saat melakukan demonstrasi dan praktikum. 



Ada beberapa yang perlu dilakukan sebelum melakukan demonstrasi maupun praktikum dimulai, diantaranya persiapan dan gladi bersih penting dilakukan meskipun demonstrasi dan praktikum itu sudah sering dilakukan berkali-kali. Permainan kimia yang dilakukan tidak perlu rumit, peralatan tidak perlu mahal, dan tidak harus dalam skala besar, sehingga mudah dilakukan dan sesuai dengan tujuan untuk memotivasi siswa bahwa kimia itu menarik walaupun sering kali dianggap sukar. 



Permainan kimia dimulai dari proses mengamati, memahami sampai penerapan sehari-hari, tapi hasilnya tidak untuk dimakan atau diminum karena zat kimia bersifat racun, kecuali demonstrasi atau praktikum yang dilakukan menggunakan bahan-bahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. 

1 komentar:

  1. mau tanya tentang buku permainan kimia berwawasan , apa ada . kalo ada judulnya apa . mohon bantuannnya

    BalasHapus